Selasa, 13 Agustus 2013

tips mudah membuat foto bulb

Tips Mudah Membuat Foto Bulb


Tips Mudah Membuat Foto Bulb - Seperti yang sudah saya jelaskkan sebelumnya pada artikel mengenai teknik-teknik dasar fotografi, Teknik bulb adalah teknik fotografi yang proses pengambilannya adalah dengan menekan tombol shutter secara terus menerus dengan timing waktu tertentu.  Pada dasarnya, ketika anda menekan Shutter, jendela rana akan terbuka dan sensor/film yang ada pada kamera akan merekam cahaya dan menghasilkan gambar. 

Oleh karena itu,  teknik ini biasa digunakan untuk memotret cahaya yang bergerak di malam hari, seperti lampu mobil dsb. Sehingga gambar yang dihasilkan hanyalah garis-garis lampu yang terbentuk dari pergerakan kendaraan tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin mencoba memotret foto bulb, berikut adalah beberapa Tips Mudah Membuat Foto Bulb :

a.  Aturlah shutter speed serendah mungkin. Karena tujuan utama dari teknik foto bulb ini adalah menciptakan garis-garis cahaya dari suatu objek yang bergerak. Ketika kita menggunakan speed yang lambat, maka akan tercipta garis-garis cahaya yang tecipta dari proses pergerakan objek.


b. Diafragma bukaan Kecil (angka besar). Karna pada umumnya foto bulb adalah foto landscape, disarankan menggunakann bukaan kecil untuk mendapatkan ruang tajam yang luas.ini juga berfungsi untuk mengimbangi setting shutter speed yang rendah. Semakin kecil bukaan diafragma maka anda akan dimungkinkan untukmengatur shuter speed yang semakin rendah. (Bukaan mulai dari f8 – f30)

c.  Gunakan Tripod dan remote/kabel release. Untuk apa? Jelas sekali untuk meminimalisir goncangan pada kamera. karena teknik ini memanfaatkan speed yang lambat, makaguncangan sekecilapapun dapat menyebabkan perubahan pada hasil foto. Misalnya, akan terjadi lengkungan (goyang) pada garis cahaya yang tercipta.

d. Fokuskan objek anda. Foto bulb tidak hanya bisa diambil dengan konsep landscape. Anda juga bisa menentukan sebuah objek utama (misal: orang)kemudian anda menciptakan efek bulb sebagai foreground atau backgroundnya, tentunya objek utama tidak boleh bergerak sama sekali pada waktu proses pemotretan. Metode ini biasa digunakan untuk seni light painting.

Tips Mudah Membuat Foto Bulb


e.   Gunakan ISO rendah (100). hal ini bertujuan untuk mengurangi noise anda, dan juga memungkinkan anda untuk memilih bukaan yang kecil (angka besar) seperti f8 dst.

f.  Gunakan Lensa Wide (jika ada). Kebanyakan foto pada malam hari yang memanfaatkan lensa wide, akan menghasilkan gambar yang lebih dramatis dan menakjubkan.

g. Kenali kota anda. Karna kebanyakan foto bulb adalah foto yang menunjukansisi malam dari sebuah kota. Maka cobalah untuk meng-eksplor setiap kota anda yang cocok untuk dijadikan objek foto bulb.

h.  Perhatikan cuaca. Pertimbangan lain yang tidak kalah pentingnya jika anda ingin memotret pada malam hari adalah cuaca. Pemandangan kota pada saat malam hari akan terasa menakjubkan setelah hujan deras, hal tersebut menyebabkan jalanan yang basah akan memantulkan cahaya lampu kota yang berkilauan. Tetapi jika hujan turun ketika anda memotret tentu akan menjadi hal yang menyebalkan.



Itu adalah sedikit pengetahuan saya mengenai cara membuat foto bulb yang bisa sayashare ke anda. Mencoba memotret bulb di malam hari tentu bisa menjadi suatu pengalaman yang menarik dan tentunya akan melatih kreativitas serta membantu anda unuk menemukan style fotografi anda sendiri. Jadi, apakah anda berminat memotret foto bulb?? Selamat mencoba!

PAKET PROMO FOTO PRE WEDDING 2016 DI MEDAN

DAPATKAN PROMO LENGKAP DI  WWW.FACEBOOK.COM/MAMIPAPIPHOTOWORKS

Layanan Kami

photography, videography, prewedding videoclip, grapich design, printing house and else

Contact us

Nama

Email *

Pesan *